Dokter Sampah Panggilannya

Dokter Sampah Panggilannya





  Dokter sampah panggilannya begitu dia dijuluki oleh orang-orang tapi semua orang tau apa yang telah dia rubah dilingkungannya. Dokter Gamal Albinsaid seorang dokter muda yang berhasil menyulap sampah menjadi sebuah harapan bagi masyarakat kurang mampu khususnya dalam memenuhi kesehatan mereka. inisiatifnya yang sangat kreatif dan inovatif mengantarkan dokter Gamal menjadi salah satu pioner didunia ini sebagai "Sociopreneurship". suatu yang sangat membanggakan bagi negara indonesia, masyarakat indonesia dan tentunya kaum muda/mahasiswa saat ini.

  Sociopreneurship, terdapat 2 kata yang mungkin sangat familiar bagi kita yakni Socio atau sosial yang secara langsung otak kita akan mengarahkan kepada masyarakat, komunitas, kelompok dan preneur yang memiliki arti inovator, penggagas, pencipta. Sociopreneurship adalah usaha yang berorientasi pada perubahan di lingkungan masyarakat, maksudnya apa? maksudnya Sociopreneurship adalah perilaku, sikap atau usaha kita untuk menolong dan membantu masyarakat yang berorientasikan kepada social untuk mengurangi ketimpangan didalam masyarakat tersebut.

  dr.Gamal menggagas ide yakni "Klinik Asuransi Sampah", bagaimana cara kerjanya? simple ternyata rek, masyarakat yang kurang mampu cukup membawa sampah lalu sampah tersebut dibeli oleh pihak klinik dan pihak klinik akan menjadikannya sampah tersebut seperti produk yang memiliki nilai lebih atau value added. sesuatu hal yang tidak terpikirkan oleh kita sebelumnya bukan? tapi dr.Gamal mewujudkan impiannya tersebut sebagai seorang Dokter sejati.


  hal yang menjadikan dr.Gamal spesial dan patut di apresiasikan adalah dia telah berhasil mengatasi 2 permasalahan krusial di indonesia, yakni sampah dan akses kesehatan. Hasil dari usaha dr.Gamal ternyata tidak sia-sia dia diberikan penghargaan HRH The Prince of Wales Young Sustainability Entrepreneurship oleh kerajaan inggris secara langsung oleh pangeran Charles atas usahanya mengatasi 2 permasalah di negara berkembang khususnya indonesia. ini adalah bukti bahwa usaha yang berorientasi kepada Social tidak akan pernah memberikan kerugian.

  Ada fakta yang sangat mengagetkan saya pribadi adalah ternyata karya dr.Gamal yakni Klinik Asuransi Sampah pernah ditolak menjadi gagasan dalam PKM. setelah penolakan itu dr.Gamal sempat memberikan idennya untuk dijalankan oleh adik kelasnya sebab sepertinay dr.Gamal telah menyerah. beberapa tahun setelah itu dr.Gamal seperti bergairah untuk mewujudkan impiannya yang telah ia tinggalkan sebelumnya yakni Klinik Sampah. Beliau menghubungi teman-temannya dan langsung membangun Klinik Sampah. bagaimana hasilnya? hasilnya dia diganjar penghargaan oleh pangeran Charles, dia mengalahkan 511 wirausahawan lainnya dari 90 negara, dia diberikan bantuan finansial sebesar Rp 800 Jt untuk mengembangkan Klinik Asuransi Sampah.

  Dewasa ini banyak sekali orang tua yang menginginkan anaknya menjadi seorang dokter. saya rasa itu adalah hal yang baik dan orang tua ingin yang terbaik untuk anaknya. tapi beberapa orang yang saya tanyakan kenapa ingin menjadi dokter karena satu alasan"dokter hidupnya pasti mapan". Inilah fakta yang terjadi dilapangan saat ini hasilnya banyak sekali dokter gadungan dan dokter-dokter yang tidak berkompeten yang justru merugikan pasiennya jika berorientasi kepada kemapanan mereka.

  dr.Gamal adalah sosok dokter muda yang berhasil menemukan essensi dan tujuan menjadi dokter, seharusnya dokter-dokter muda menjadikan dia sebagai role model saat ini. selain dr.Gamal banyak sekali dokter-dokter yang berorientasi kepada kesehatan masyarakat mereka rela tidak dibayar sepeserpun. harusnya dokter-dokter seperti itulah yang harus dibantu oleh pemerintah dalam mewujudkan mimpi-mimpi mereka.

  saya ingat sekali saat menginjak kelas 2 SMA ada salah satu guru saya yang pernah mengajari saya bagaimana berwirausaha yang baik. beliau mengajarkan saya jika mau berwirausaha sukses baik dari profit maupun impact nyatanya harus berorientasi sosial, sebab jika telah berorientasi sosial dapat dipastikan itu sangat bermanfaat dan tentunya banyak pihak yang membantu baik dari usaha, pikiran maupun doa.

  jika dr.Gamal mendapatkan penghargaan atas apa yang dia lakukan saya rasa itu benar-benar worth it untuk dia, ingat usaha berbanding lurus dengan hasil. konsisten, pantang menyerah, membantu sesama, berdoa, beramal adalah kunci kesuksesan dr.Gamal dalam membangun impiannya. 

muda menginspirasi reek, bangga arek malang.



Author:Fauwaz Ahmad Raihan

Comments

Popular posts from this blog

Definisi serta penyusunan RPJPD, RPJMD, Renstra, Renja SKPD dan RKPD?

Urgensi Mahasiswa Saat Ini

Netizen dan Citizen