Tips-Trik Mengatur Waktu Untuk Mahasiswa

Tips-Trik Mengatur Waktu Untuk Mahasiswa
Oleh: Fauwaz Ahmad Raihan


Mahasiswa memiliki segudang aktifitas yang mereka lakukan. Baik aktifitas akademik maupun non-akademik. Sebagai mahasiswa tentunya harus memiliki nilai akademik yang baik. Percuma saja sebagai mahasiswa jika bermalas-malasan menuntut ilmu. Disisi lain mahasiswa juga dituntut untuk melatih softskillnya yang hanya didapat diorganisasi atau non-akademik. Kehidupan yang baik adalah kehidupan yang seimbang. Maka dari itulah mahasiswa harus mengimbangi dua aktifitas kegiatan tersebut.

naah, disinilah permasalahannya, terkadang mahasiswa yang masih awam dalam kegiatan organisasi 
terkendala masalah manajemen waktu. Menejemen waktu sangat diperlukan sebagai mahasiswa untuk menjadwal kegiatan apa saja yang akan dilakukannya kedepan. Jika tidak maka kegiatan satu dengan lainnya akan bertabrakan dan menyebabkan crash bahkan stress. Disini ada tips and trik saya untuk membagi waktu untuk para mahasiswa, dan semoga bermanfaat.

11)     Tentukan Prioritas
Kita harus menentukan prioritas apa yang akan kita lakukan. Kenapa begitu? Jika tidak maka sesuatu yang tidak prioritas akan menghambat sesuatu yang prioritas. Contoh: kamu memiliki tugas untuk besok hari tetapi kamu malah mengerjakan tugas yang untuk minggu depan, ini salah sebab kamu akan kerepotan menit-menit masuk kelas sehingga menyebabkan kamu stress sendiri nantinya.
Maka dari sini harus dibuat prioritas baik tugas kuliah, belajar maupun rapat yang akan datang. Sehingga tidak terjadi crash kedepannya. Maka dari itu trik yang aku berikan kekamu adalah buatlah jadwal prioritas berisi:
a.       Jadwal kelas
b.      Jadwal tugas
c.       Jadwal rapat
d.      Jadwal deadline
Harus disusun serapih mungkin dan 1 hal lagi yang harus kamu lakukan yakni: DISIPLIN. Untuk melaksanakan itu semua perlu kedisiplinan yang tinggi dan itu harus dilatih setiap hari. CMIIW.
22)      Pasang ALARM!!
Terkadang mahasiswa awam masih menyepelekan ALARM. Padahal benda yang sering dibanting dipagi hari tersebut sangat penting untuk mengingatkan kita. alarm berfungsi sebagai pengingat waktu atau jadwal walaupun menimbulkan kekesalan dipagi hari. Tetapi itu positif yang harus kita ambil hehe.

Diera modern saat ini kita memiliki smartphone. Pastinya ada alarmnya bukan? Nah manfaatkanlah alarm tersebut agar kita selalu ingat waktu dan jadwal yang menjadi prioritas tersebut.
Triknya adalah, atur alarm 5-10 menit sebelum jadwal yang ditentukan. Contoh jika kamu ada rapat jam 3 sore, buat alarm disekitar jam 14.50-14.55. maka dengan itu kita masih bisa bersiap-siap untuk menghadiri rapat maupun kegiatan lainnya. ingat jangan pernah menyepelekan!.

33)      DISIPLIN
Disiplin merupakan perilaku wajib bagi mahasiswa-mahasiswa. Ditengah jadwal yang tidak pasti dan pasti mendadak mahasiswa perlu ekstra disiplin. Siap dalam keadaan apapun mahasiswa perlu siap tanggap dalam berbagai medan peran. Seperti halnya tentara yang sudah berlatih diseluruh medan perang atas hasil latihan disiplinnya. Misalnya kamu tidur dikos-kosan lalu ada rapat dadakan. JANGAN MENOLAK!!! Banguun cuci muka langsung cabut kekampuss kalo perlu tidak pake celana jeans pake celana kolor juga gpp :D hahahaha. Its just kidding :D.
Pokoknya seorang mahasiswa harus disiplin untuk menyelesaikan kegiatan-kegiatannya selama 4 tahun dikampuss. Kalo bisa lebih cepat sih yaa.



44)      IKUTI TIPS NOMER 1-3
Seperti yang kita tahu percuma saja kalo tips and trik ini dibaca. PERLU DITERAPKAN DALAM DUNIA KALIAAN!!. Tidak usah dijadikan beban cukup nikmati hari-hari kalian diperkuliahan agar tidak terlalu bosan dengan kegiatan yang itu-itu aja carilah kegiatan lainnya.

Sekian tips and triknya semogaa bermanfaaaat.


Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Definisi serta penyusunan RPJPD, RPJMD, Renstra, Renja SKPD dan RKPD?

Urgensi Mahasiswa Saat Ini

Netizen dan Citizen