Entrepreneur, Diciptakan atau Dilahirkan?

Entrepreneur, Diciptakan atau Dilahirkan?

       Well, saya mengerti semangat kalian menjadi seorang Entrepreneur dan saya yakin kalian akan menjawab Diciptakan, bukan? tidak sedikit juga yang menjawab Dilahirkan saya rasa kalian pembaca setia blog ini mempunyai perspektif yang berbeda tentang pertanyaan tersebut. jujur first impresion mendengan pertanyaan ini sedikit ambigu, penuh dengan teka-teki tetapi patut untuk di cari tahu lebih lanjut tentunya kalian bisa mencarinya dengan pengalaman kalian sendiri yah.

       Tahun 2014 atau 2015 ketika saya masih kelas 2 SMA kalau ga salah ya, saya sering baca HT (Hot Threads) di Kaskus. beberapa kali saya lihat Author dari Threads tersebut adalah mas Billy Boen, familiar kan kalo denger nama Boen,  ya apa yang dia tulis tidak bertele-tele singkat padat dan memiliki makna Entrepreneur yang sangat kental dari setiap kalimatnya dan saya sangat senang membacanya. saya sangat senang membacanya banyak pengalaman dia yang menjadi Example dari pemakaan artikel yang beliau tulis, hingga dia menceritakan pengalamannya yang mungkin sepele tapi membuat kita bertanya-tanya, masih teringat dimemori saya tentang cerita tersebut:

Ardi: "Bill, gue bosen jadi pegawai teruus nih, bantu gua dong jadi pengusaha"
Billy: "dii dii, namanya pengusaha itu harus berjuang dulu, lu blom berjuang udah minta dibantuiin"
Ardi: "yaa gapapalah, gua langsung berguru dengan yang sudah profesional hahaha"
Billy: "iyaa iyaa gua bantu tapi serius ya jangan main-main"

setau saya, Ardi (Nama Samaran/ saya emang ga tau nama temannya) sudah menjadi Direktur disalah satu perusahaan mungkin beliau bosan dengan pekerjaanya makanya mau membangun usaha dengan billy. kalo ga salah kaya gini ceritanya kalo dibuat percakapan.

Ardi: "duuh bill, jadi Entrepreneur beraaaat bangeeet!! ga kuat gue"
Billy: "yaelaah baru gini ajh udah nyerah, banyak yang lebih gagal dari pada lo dii, ayoo bangun gua pasti bantuu"
Ardi "okee bill, kalo lu semangat gw bakalan lebih semangaat!!"

kegagalan ardi terus berulang-ulang bahkan tidak membuahkan hasil.

Billy: "dii dii kayaknya emang takdir lu jadi pegawai hahahaha"
Ardi: "jangan gitu dong bill, gw capek jadi pegawai, yaa gaji Worth it siih cuma ga bosen ajah"
Billy: "tapi mau gimana lagi dii, lu gagal terus kayaknya emang tuhan ga ngizinin dii hahahha"

dan akhirnya Ardi menyerah dan kembali ke Comfort Zone yang ia miliki sebelumya, pada saat itu Billy menyimpulkan bahwa "Entrepreneur itu Dilahirkan Bukan Diciptakan". 

bagi pembaca, menurut kalian apakah Billy salah menyimpulkan seperti itu? dari perspektif manakan dia salah? tidaak kalian tidak bisa menyalahkan dia, kembali ke awal paragrah bahwa pertanyaan tersebut hanya dapat dijawab oleh pengalaman. dan pengalaman itu didapat dari Tindakan atau Action.

status mahasiswa, pertanyaan tersebut masih menghatui setiap rongga-rongga memori saya, hingga saya melihat sebuah baliho besar berisi kan Quote oleh Mawapres atau mahasiswa berprestasi Universitas Brawijaya tahun 2016, kalo g salah namanya Rezaldi Eka Dharmawan, coba search-search aja ( ga bermaksud promosi, biar meyakinkan aja) mungkin kalo masih ada balihonya saya ingin mengupload foto berisi Quote tersebut biar pembaca lebih yakin. okee kembali kecerita, mas Reza mahasiswa yang hebat ya pastinya, di umur yang masih muda dia sudah memiliki beberapa paten dari hasil ciptaannya, tentu pengalaman dia sebagai mahasiswa dan aktivis kampus tidak diragukan lagi bukan? di Quotenya berisi "Champion Are Made Not Born". dari Quote tersebut apa kalian menemukan sebuah celah? atau korelasi antara statement mas Billy dan mas Reza? ya korelasinya berada di "Champion & Entrepreneur".

Jika kita hilangkan kata Champion dan mensubtitusikannya dengan Entrepreneur kita akan mendapati sebuah statment baru yakni "Entrepreneur Are Made Not Born" unik bukan? sebuah kontraksi dari orang-orang hebat diluar sana. dari 2 perspektif yang berbeda, 2 orang yang hebat mereka memiliki perspektif yang berbeda tentunya dan dari pengalaman mereka, mereka dapat menjawab pertanyaan yang saya gunakan sebagai judul thread ini.

bagaimana dengan saya? saya memegang teguh "Entrepreneur Are Born Not Made" kenapa? ya tentu dari pengalaman saya, jika kalian pikir Entrepreneur adalah pengusaha, ohh come one, you'r wrong guyss, Entrepreneur is a Soul not a Job.

jadikan pertanyaan ini sebagai motivasi kalian untuk menjawabnya dengan pengalaman melalui tindakan bukan melalui statment yang tidak didukung oleh action kalian, percuma kalo kalian jawab Diciptakan atau Dilahirkan karena pertanyaan ini hanya bisa dijawab dengan pengalaman dan Action.

soo pemimpin masa depaan!! jangan mudah menyerah sebagai generasi muda! tetap semangaat mencapai cita-cita kalian!! 







Comments

Popular posts from this blog

Urgensi Mahasiswa Saat Ini

Definisi serta penyusunan RPJPD, RPJMD, Renstra, Renja SKPD dan RKPD?

Netizen dan Citizen