Amancio Ortega, Milliader yang hampir tidak pernah terekspose

                                     Milliader Yang Hampir Tidak Pernah Terekspose   


    Saya sudah banyak sekali membaca biografi singkat dari orang-orang hebat didunia ini khususnya abad ke-20, sebut saja Mark Zuckerberg, Steve Jobs, Jack Ma, Bill Gates, Oprah Winfrey dan sebagainya. tapi saya yakin kalian pasti sangat asing mendengar milliader yang satu ini siapa dia? ya dia adalah Amancio Ortega , saya yakin kalian tau merek pakaian Zara bukan? Amancio Ortega adalah pemilik brand Zara yang mungkin saat ini celana ataupun baju yang kalian gunakan adalah milik dia.

   
    Amancio Ortega lahir pada tanggal 28 maret 1936 di Spanyol dari golongan keluarga yang tidak punya, tapi hal itu tidak membuat Ortega menyerah justru dari pekerjaan orang tuanya lah yang dapat mengantarkan dia sebagai Orang terkaya ke-3 di Dunia , bagaimana bisa? saya rasa semua manusia di dunia ini diberikan kesempatan oleh Allah SWT yang sama hanya saja bagaimana kita memanfaat kesempatan itu menjadi lebih produktif.
         
     hampir selama 13 tahun Ortega bekerja di tempat pembuatan pakaian mewah, dia dipercaya dan diangkat menjadi assisten penjahit. disini otak dan intuisi Ortega terlatih, dia belajar menjahit dengan baik dan rapih dan juga mempelajari produksi hingga distribusi pakaian dari pabrik hingga sampai ke toko. disini dia belajar betapa pentingnya memberikan pakaian langsung ke konsumen tanpa distributor. tahun 1960-an Ortega diamanahi menjadi manajer di toko pakaian lokal, dia sadar bahwa tidak banyak orang yang mampu membeli baju dengan harga mahal, bersama saudara-saudaranya ia memproduksi baju murah namun berkualitas. tahun 1966 dia menikah dengan seorang perempuan yang bernama mera. kekuatan cinta mungkin tidak dapat di ukur tapi di cerita ini kita dapat mengukur kekuatan cinta dan itu di buktikan ketika mereka berdua menjahit pakaian di ruang tamunya hingga berani mempekerjakan orang lain untuk membuat produk mereka sendiri. dari mendesain hingga menjahit dan sampai ke tangan konsumen mereka lakukan sendiri tentunya dibantu dengan pekerja-pekerjanya.

   tahun 1975, bersama istri, mereka memutuskan mendirikan toko Zara didepan toko perbelanjaan paling penting di kota spanyol, tempat tersebut adalah tempat paling startegis. bisnisnya terus maju dengan mengusung "murah berkualitas" Ortega mampu membuka 100 toko Zara di Spanyol saat itu. saat ini tercatat lebih dari 1.700 toko Zara di 86 Negara yang tersebar di enam benua.

   Ortega merupakan orang yang menutup dan sangat melindungi kehidupan pribadinya dari sorotan media dan publik. perusahaannya pun hanya memberikan seditik informasi tentang dirinya. selama berpuluh-puluh tahun ia merintis bisnisnya hanya ada 1 foto yang tersebar di media massa, mungkin saat ini lebih dari itu, selama hidupnya hanya tiga wartawan yang diperbolehkan mewawancarainya, sangat misterius. bahkan ia pernah memberikan US$500 ribu kepada paparazzi yang ingin mempublikasikan foto anaknya yang tengah berbulan madu.

   Walau ia sangat kaya raya nyatanya ia adalah sosok yang sederhana, ia slalu menggunakan blazer biru, kemeja putih dan celana abu-abu. setiap hari ia menemani karyawannya makan siang di kantin yang sederhana dan selalu rutin ke kedai kopi setiap hari hanya sekedar mengopi dengan beberapa karyawannya. sebagai pemilik dia terkenal sangat ramah mungkin karena dia pernah merasakan berjuang dari bawah seperti karyawan pada umumnya. dia berusaha mendekati karyawannya hanya sekedar memotivasi mereka, ia menganggap karyawannya adalah keluarganya, sosok yang sangat sederhana.

   mari kita contoh sosok sederhana seperti Ortega, tidak seperti kebanyakan milliader lain yang mungkin senang membeli apartement, rumah dan mobil-mobil mewah walau itu termasuk hak-hak mereka. sebagian besar milliader dunia saat ini tidak perduli dengan harta mereka cenderung memberikan harta mereka untuk amal (Charity) contohnya? Mark, Bill dan sebagainya.

Moral yang dapat kita ambil dari si sosok millader misterius ini adalah tidak peduli seberapa besar kekayaan anda yang berarti dari diri anda adalah attitude anda.


Author : Fauwaz Ahmad Raihan


Comments

Popular posts from this blog

Urgensi Mahasiswa Saat Ini

Definisi serta penyusunan RPJPD, RPJMD, Renstra, Renja SKPD dan RKPD?

Netizen dan Citizen