MENUMBUHKAN JIWA DAN MENTAL ENTREPRENEURSHIP

Sebagian orang menanggap Entrepreneur sebatas hanya seorang wirausahawan atau pengusaha. nyatanya tidak demikian rek. Entrepreneur itu sejatinya adalah Ways Of Life atau bisa kita sebut jalan hidup. jalan hidup seseorang ditentukan dari apa yang ia pikirkan lalu terwujud dari apa yang dia lakukan. Manusia diberikan akal dan emosi sebagai karunia oleh sang pencipta, sebagai manusia normal lazimnya kita harus menggunakan akal dan emosi (perasaan) kita untuk menjadikan kita manusia yang seutuhnya. terlebih lagi anak muda yang masih bimbang dengan jati dirinya.

Anak muda/ ABG (Anak Baru Gede) terkadang masih bimbang dengan jalan yang suatu saat akan ia pilih. Terkadang mereka terhasut oleh perilaku-perilaku negatif dilingkungannya tetapi sebagian sebaliknya. tentunya mereka perlu diberi arahan, tidak hanya orang tua namun pihak yang lain. sebab jika tidak diarahkan maka pupus sudah harapan pahlawan bangsa ini.

Menumbuhkan jiwa Entreprenur bukanlah perkara yang mudah, tidak sulit juga tapinya hanya membutuhkan niat dan tindakan.  adapun beberapa saran dan perilaku untuk menumbuhkan jiwa Entreprenurship sebagai jiwa dan mental generasi muda untuk kemajuan bangsa.

1.Niat dan Tekad

Niat adalah sesuatu yang ditanamkan dalam hati untuk pencapaian sesuatu. seseorang yang mempunyai niat dan tekad yang baik akan membuahkan hasil yang baik. anak muda yang masih memliki jiwa labil tentunya harus disupport oleh semua pihak atas apa yang mereka capai. terkadang musu mereka bukan hanya diri mereka sendiri tetapi orang lain yang menjatuhkan merek. maka tekad baja lah yang sangat diperlukan jika ada suatu kondisi seperti itu.

2. Pelajari Kisah Sukses Orang Lain

tidak ada salahnya membaca kisah orang lain seperti halnya Bills Gates, Jack Ma, Erik Thahir, Aburizal Bakrie dan lainnya. dengan membaca kisah mereka secara tidak langsung enegy-energy positif mereka akan tersalurkan kepada kita, kita akan  termotivasi dalam menjalani hidup ini dan tidak menutup kemungkinan kita akan mengikuti jejak mereka.

3.Fokus on Target

Fokus salah satu kunci utama dalam mencapai target kita, bayangkan jika seorang penembak jitu yang ditugasi untuk melumpuhkan seorang bandar narkoba. ketika target kita sudah berada didepan mata tetami pikiran kita tidak fokus kepada bidikan maka 99% tembakan akan meleset. kejadian tersebut pastinya akan terjadi kepada kita jika kita tidak fokus pada apa yang kita kerjakan saat ini. buat lah target untuk kedepannya.

4.Membaca, Memahami dan Menerapkan

membaca adalah salah satu budaya bangsa yang maju, di Amerika setiap orang dapat membaca 7 buku dalam 1 bulan. di indonesia membaca adalah budaya yang sangat asing, rasa-rasanya membaca hanya dipantas dilakukan dikelas. selain membaca, memahami dan menerapkan adalah hal yang tidak kalah penting. jika kita membaca buku "Cara Membuat Energy Listrik dari Kincir Angin" tentu sangat aneh jika kita hanya membaca tapi tidak memahami dan menerapkannya dengan kata lain (sama aja booong mending ga usah baca) jadi pentingnya membaca, memahai dan menerapkan ilmu-ilmu yang kita dapat di sekolah dan dimanapun layaknya kita terapkan di lingkungan kita tetapi tentu saja hal yang positif.

5. Do IT!!

setelah kalian baca blog saya yang saya rasa kurang begitu hebat tulisan saya, tentu dari pada membaca terus tulisan ini alangkah baiknya kalian NIATKAN,FOKUS, TERAPKAN DAN LAKUKAN apa yang menjadi tujuan hidup kalian. jika kalian membaca ini terus menerus tanpa kalian terapkan saya jamin 100% kalian tidak akan mendapatkan apa yang kalian inginkan.

Comments

Popular posts from this blog

Urgensi Mahasiswa Saat Ini

Definisi serta penyusunan RPJPD, RPJMD, Renstra, Renja SKPD dan RKPD?

Netizen dan Citizen