Kiat-Kiat Menjadi Orang Sukses

Kiat-Kiat Menjadi Orang Sukses
Oleh: Fauwaz Ahmad Raihan

Tidak ada orang yang tidak menginginkan dirinya menjadi orang yang sukses. Tetapi kita harus paham apa arti sukses itu sendiri. sukses bukanlah sebuah jabatan, tahta maupun harta. Sukses melainkan status ketika kita berhasil meraih sesuatu. Andai fulan mendapatkan ranking 1 terus menerus dikelasnya ia dapat dikatakan sukses, yakni sukses mendapatkan ranking 1. Yang menjadi pertanyaan mengapa fulan bisa sukses meraih ranking 1 sebab dia rajin belajar setiap hari.

Disaat yang bersamaan perkembangan ilmu pengetahuan semakin maju dan pesat. Para peneliti beberapa tahun lalu menyepakati bahwa IQ (Intelligent Quotient) berperan 100% terhadap kesuksesan. Tetapi baru-baru ini ada saudara IQ yang lebih berperan terhadap kesuksesan yakni EQ (Emotional Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient). Perbedaan yang mencolok dari 3 saudara sebangsa dan senegara tersebut adalah Intelligent berhubungan dengan logika dan daya pikir. Emotional berhubungan dengan emosi/rasa manusia dan manusia seperti simpati, antipati, tolong menolong dan sebagainya. Yang terakhir Spiritual berhubungan dengan manusia dengan tuhannya. Setiap manusia memiliki kepercayaan yang dia anutnya masing-masing.

Tetapi banyak sekali peneliti yang merasa ragu akan IQ yang menentukan kesuksesan seseorang. Maka EQ dan SQ sangatlah berperang juga. selain IQ, EQ dan SQ adapun kiat-kiat meraih sukses seseorang khususnya mahasiswa yang masih mencari jati diri yakni:

#1 Niatkan Maka Kau Akan Mendapatkan
Jangan sepelekan dengan kekuatan niat. Niat akan membawa keberhasilan. Bagaimana Anda akan mendapatkan sesuatu jika Anda tidak meniatkan diri untuk mendapatkan. Adalah betul, niat saja tidak cukup dan saya tidak mengatakan hanya niat untuk meraih sukses. Yang saya maksudkan adalah niat sebagai awal Anda dalam meraih sukses.
Rasulullah saw bersabda dalam sebuah hadist:
Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah saw bersabda : Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. (HR Bukhari Muslim).
Sesuatu dimulai dari niatnya. Jika seseorang mempunyai niat jahat dihati maka dia akan berusaha semaksimal mungkin untuk berbuat kejahatan dan begitu juga sebaliknya.

#2 Mendoakan Saudara
Rahasia sukses yang kedua dari 10 Cara Sukses dalam Islam Dijamin Dahsyat itu ialah: mendo’akan saudara kita kebaikan yang sama dengan yang kita inginkan tanpa sepengetahuan orang tersebut. Jika kita mendo’a saudara kita, tanpa sepengathuan kita, insya Allah kita akan mendapatkan apa yang kita do’akan.
Dari Abu Darda ra bahwasannya ia mendengar Rosululloh SAW bersabda: “Tiada seorang muslim yang mendoakan saudaranya tanpa sepengetahuan saudaranya, kecuali malaikat berkata: Dan untuk kamu pula seperti itu”. (HR. Muslim)
Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial. Tidak hanya berhubungan dalam muamalah tetapi melainkan dalam hubungan rohani. Sejak kecil kita diajari untuk mendoakan orang tua kita agar diberikan keselamatan, rezeki, kesejahteraan dan lainnya. selain orang tua, sanak saudarapun sangat penting bahkan tetanggapun juga. alangkah baiknya kita menambahkan doa-doa kita untuk yang lainnya selain orang tua toh kita juga tidak merugi sebab Allah SWT sangat kaya raya. Lagi maha pengasih dan maha penyayang.

#3 Miliki Ilmunya
Entah kenapa, ada saja orang yang mengkampanyekan kita supaya bodoh. Padahal menuntut ilmu ada kewajiban kita sebagai umat Islam. Yang salah adalah menuntut ilmu saja tanpa diamalkan. Menjadi bodoh karena malas menuntut ilmu juga salah. Bertindak tanpa ilmu seperti berjalan di kegelapan.
Dan sesungguhnya keutamaan orang yang berilmu atas orang yang ahli ibadah seperti keutamaan (cahaya) bulan purnama atas seluruh cahaya bintang. (H.R. Ahmad, Tirmidzi, Abu Dawud, dan Ibnu Majjah)
“Barangsiapa menginginkan sukses dunia hendaklah diraihnya dengan ilmu dan barangsiapa menghendaki sukses akherat hendaklah diraihnya dengan ilmu, barangsiapa ingin sukses dunia akherat hendaklah diraih dengan ilmu” ~Iman Syafi’i
Surat yang pertama kali diturunkan oleh Alla SWT kepada baginda Nabi Muhammad SAW adalah surat Al-Alaq ayat 1 yang memiliki arti bacalah. Membaca adalah aktivitas otak untuk menerima informasi melalui pengolahan kata dan kalimat. Membaca adalah media untuk belajar. Belajar apapun itu sangat diwajibkan bagi setiap muslim. sebab Allah SWT akan menaikan derajat seseorang jika ia sangat senang menuntut ilmu.

#4 Silaturahim
Silaturhim atau silaturahmi adalah kunci sukses berikutnya. Jangan karena sudah terhubung melalui facebook, kemudian kita tidak pernah bertemu secara langsung. Luangkan waktu untuk bertemu orang. Baik orang yang sudah kita kenal maupun orang baru.
Silaturahmi itu untuk menjaga kedekatan dengan yang sudah kita kenal juga untuk menambah teman atau saudara baru.
Barang siapa yang ingin diluaskan rezekinya atau dikenang bekasnya (perjuangan atau jasanya), maka hendaklah ia menghubungkan silaturahmi.” (HR Muslim)
Barang siapa yang senang dipanjangkan umurnya, diluaskan rezekinya, dan dijauhkan dari kematian yang buruk, maka hendaklah bertakwa kepada Allah dan menyambung silaturahmi.” (HR Imam Bazar, Imam Hakim)
Silahturami itu sangat penting, selain menambah rezeki tapi juga melepas kangen dengan orang-orang yang kita sayangi. Cobalah membuat target yakni bersilahturahmi dengan 1-2 orang yang kamu kenal dan lihat perubahan yang akan terjadi. Banyak manfaat yang dapat diambil.

#5 Tawakal
Dari Umar bin Khoththob radhiyallahu anhu, bahwa Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Jika kalian bertawakal kepada Allah dengan sebenar-sebenarnya tawakkal, niscaya Dia akan memberikan rezeki kepada kalian sebagaimana Dia memberikan rezeki kepada seekor burung yang pergi pada pagi hari dalam keadaan lapar dan kembali pada sore hari dalam keadaan kenyang.”
(Diriwayatkan oleh at-Tirmidzi)
Berserah diri kepada Alla SWT setelah berusaha adalah sebuah bentuk rasa kita yakin kepada Allah. Allah SWT tidak akan mengubah sebuah bangsa jika bangsa itu sendiri tidak mau merubahnya dan hal itu berlaku juga untuk setiap individu. Jikapun kemauan kita tidak dikehendaki oleh Allah pasti Allah memiliki maksud tersendiri. Intinya jangan pernah berhenti berusaha dan bertawakal.
#6 Shadaqah
Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir: seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (kurnia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. Al Baqarah: 261)
Ada perkataan yang saya sangat suka ketika teringat dengan sedekah yakni “ janganlah menunggu kaya untuk bersedekah tetapi bersedekahlah untuk menjadi kaya”. Allah SWT menjamin bahwa jika seseorang bersedekah maka dijaamin tidak akan miskin. Jadi kita tidak perlu takut untuk bersedekah.
#7 Syukur
Jika kamu bersyukur pasti akan aku tambah (nikmat-Ku) untukmu dan jika kamu kufur maka sesungguhnya siksa-Ku amat pedih” (QS Ibrahim: 7)

untuk menikmati hidup ini perlu rasa syukur. Seseorang yang memiliki kekayaan 7 turunanpun jika tidak memiliki rasa syukur maka dirasa percuma. Kenapa? Sebab harta itu akan habis karena ketamakan manusia. Syukur berlawanan dengan ketamakan. Tamak alias rakus adalah sifat iblis yang dibenci Allah SWT.
naah diatas adalah kiat-kiat kita untuk meraih sukses dari perspektif Spiritual Quotient. kenapa saya mengambil dari perspektif SQ? sebab SQ sangat berperan penting dan masih kurang sekali perhatian untuk SQ ini. semoga bermanfaat.






Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Urgensi Mahasiswa Saat Ini

Definisi serta penyusunan RPJPD, RPJMD, Renstra, Renja SKPD dan RKPD?

Netizen dan Citizen